Pencarian

ROSARIO

Tidaklah cukup hanya mewartakan devosi ini pada orang lain, namun diri sendiri harus mempraktekkannya, karena tidak seorangpun dapat memberikan apa yang tidak dimilikinya.

Rahasia Rosario St.Montfort

Meditation Chimes

Selasa, Juni 16, 2009

Kredo Anti Kekerasan

oleh Serafin Dany Sanusi, OSC

Aku percaya akan Allah:
Pencipta alam semesta beserta isinya dan manusia yang mendiaminya
Pencipta kebaikan bagi seluruh manusia:
hitam, putih, coklat, merah, dan kuning
perempuan dan lelaki
orang tua, dewasa, muda, dan anak-anak.

Aku percaya bahwa semua itu diciptakan oleh Allah baik adanya
Aku pun percaya bahwa manusia seringkali menghianati kebaikan Allah.

Sebab, aku percaya:
Sampai saat ini peperangan masih melanda bumi manusia
Sampai saat ini kemiskinan masih menghinggapi jutaan manusia
Sampai saat ini pelacuran masih menjadi bagian dari hidup manusia
Sampai saat ini penggunaan narkotika dan obat-obatan terlarang masih dilindungi sang penguasa
Sampai saat ini jutaan orang tidak ada hasrat untuk sekolah
Sampai saat ini masih ada sistem pemerintahan yang korup, eksklusif, dan yang membodohi masyarakat

Aku percaya bahwa semua itu akibat
Keserakahan manusia
Kedegilan hati manusia
Kemunafikan manusia
Kesombongan manusia

Aku percaya akan Yesus Kristus yang sengsara, wafat, dan bangkit:
Demi menanggung keserakahan manusia
Demi menanggung kedegilan hati manusia
Demi menanggung kemunafikan manusia
Demi menanggung kesombongan manusia

Demi keharmonisan dunia
Demi terciptanya keadilan
Demi terciptanya langit dan bumi yang baru

Oleh karena itu, aku percaya:
Bahwa aku pun turut bertanggungjawab atas terjadinya peperangan di muka bumi
Bahwa aku pun turut bertanggungjawab atas terjadinya kemiskinan
Bahwa aku pun turut bertanggungjawab atas terjadinya pelacuran
Bahwa aku pun turut bertanggungjawab atas terjadinya penggunaan narkotik, kokain, dan obat-obatan terlarang
Bahwa aku pun turut bertanggungjawab atas terjadinya keengganan meneruskan sekolah
Bahwa aku pun turut bertanggungjawab atas terjadinya sistem pemerintahan yang korup, eksklusif, dan yang membodohi masyarakat.

Aku percaya akan Gereja Katolik yang kudus.
Maka aku pun percaya bahwa tugas utamaku adalah:
Menguduskan bumi ini
Menegakkan keadilan
Memerangi kemiskinan dan kebodohan
Demi terciptanya langit dan bumi yang baru.
Dan kehidupan yang kekal. Amin

Tidak ada komentar: